• Home
  • Lock.
  • RPP
  • RKAS
  • TGS Siswa
  • Daftar Isi
  • Alumnus
  • Kontak
  • Comments

TRAINING MOTIVATION DAN DOA BERSAMA JELANG UN 2014

Sebagai wujud nyata pelayanan prima SMP Negeri 1 Dukuhturi dalam rangka persiapan Ujian Nasional 2014, SMP Negeri 1 Dukuhturi adakan Doa bersama dan Training Motivation. Kegiatan ini merupakan salah satu dari sekian banyak agenda kegiatan guna mensukseskan Ujian Nasional 2014. Training Motivation merupakan sebuah aktion nyata untuk merefres dan penanaman motivasi. Sehingga diharapkan mimpi lulus UN 100 % dengan prestasi menakjubkan selalu terpelihara untuk kemudian menjadi suatu kenyataan. Training Motivation ini merupakan puncak pemberian motivasi, karena motivasi telah diterima siswa disetiap saat pembelajaran, disetiap saat pembiasaan dll. Training Motivastion ini bersiafat sebagai penguatan. Kegiatan ini di isi oleh 2 orang trainer yang sudah memiliki jam terbang lumayan banyak, yaitu oleh Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi Bapak Drs. H. Alfatah, M.Pd dan Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Dukuhturi Bapak Singgih Pujianto, S.Pd.

Acara berlangsung pada hari sabtu malam minggu 29 Maret 2014 mulai pukul 17.00 wib hingga pukul 22.00 wib. Acara ini didukung oleh Indosat dan SMK Astrindo Kota Tegal. Acara berlangsung cukup berhasil, karena semua siswa yang didampingi oleh semua wali kelas semua hadir mengikuti acara ini dan mereka dibawa oleh 2 orang trianer hingga hampir semua menitikkan air mata. Sebetulnya keberhasilan Training Motivation bukan diukur dari banyaknya siswa yang menangis, namun tertanamnya komitmen kuat yang muncul dari kesadaran sendiri akibat sentuhan sentuhan rasa yang dibawakan oleh ke 2 Trainer. Hasil nyata dari kegiatan ini memang belum bisa serta merta langsung nampak. Tetapi butuh waktu dan juga dukungan lingkungan dalam kehidupannya sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.

Perubahan sikap dan mental serta tertanamnya komitmen kuat pada diri anak untuk menaklukan soal UN, bukan persoalan mudah, semudah membalikan tangan. Semua melalui proses yang panjang. Kegiatan ini adalah bagian dari proses tersebut, namun demikian stimulus yg telah diberikan ini paling tidak minimal mampu menggugah siswa, dari ilustrasi - ilustrasi serta berbagai motivasi yang telah ditanamkan oleh trainer





        

        
Baca selengkapnya >>

RAIH DUA TROPY, PASGABIRAWA DAPAT GELAR KOMANDAN TERBAIK GSAM VI

Prestasi Pramuka SMP Negeri 1 Dukuhturi dengan PASGABIRAWA-nya memang tak diragukan lagi. Hal ini terbukti dengan banyaknya tropy kejuaraan yang telah diraihnya dalam setiap even lomba mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat provinsi jawa tengah. Prestasi ini tentu tak lepas dari perjuangan dan kegigihan semua unsur yang terlibat didalamnya, baik unsur Mabigus, Pembina, Pelatih maupun para intruktur dan juga semangat anggota.
Juara 2 Perpetaan
Pramuka SMP Negeri 1 Dukuhturi dengan PASGABIRAWA-nya memang beda, dan mempunyai karakteristik tersendiri, jika dibandingkan dengan pramuka penggalang lainnya. Yang sangat menonjol adalah Semangat Nasionalisme karakter bangsanya. Bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia dan cita-cita penjaga NKRI (Harga Mati) merupakan satu hal yang patut di acungi jempol, karena bukan hanya yel-yel NKRI-HARGA MATI belaka, mereka bahkan terbentuk karakter mirip dengan TNI.
Juara 2 Komandan Terbaik
Minggu Kemarin kita meraih 4 tropy di ajang Galang Tangkas, sekarang kita meraih 2 tropy di ajang GSAM yang di ikuti oleh penggalang dari berbagai kota/Kabupaten seperti Kab Tegal, Kota Tegal, Kab. Brebes.
Dua Tropy tersebut diperolah dari lomba Ganas Scouth Rally untuk mata lomba Perpetaan sebagai Juara II, dan lomba PBB untuk kategori KOMANDAN TERBAIK sebagai Juara 2. Kita berharap Penataan Sistem yang telah dibentuk di gudep sturi dapat berkesinambungan supaya PASGABIRAWA tetap lestari demi kejayaan SMP Negeri 1 Dukuhturi.



Baca selengkapnya >>

STURI LUNCURKAN SIKA (SISTEM INFORMASI KEHADIRAN ANAK)


Inovasi tiada henti slalu saja menemani perjalanan SMP Negeri 1 Dukuhturi, dibawah pimpinan Kepala Sekolah Bapak Drs. H. Alfatah, M.Pd. Kali ini satu program absensi siswa dengan finger print telah diluncurkan. Program ini bekerja sama dengan INDOSAT salah satu perusahaan komunikasi seluler. Louncing Program ini dilaksanakan hari senin 24 Maret 2014 bertepatan dengan Upacara Bendera, sekaligus penandatanganan kontrak kerja sama Sekolah dengan INDOSAT.
Sistem ini merupakan sistem terpadu yang menggunakan perangkat seluler dengan finger print. Sistem kerja alat ini pada saat siswa hadir para siswa melakukan absensi dengan sidik jari pada finger dan secara otomatis finger akan memberikan informasi bahwa siswa telah hadir via SMS ke orang tua wali. Demikian juga  pada saat pulang. Sehingga sistem ini mampu berperan ganda, sebagai sistem presensi siswa sekaligus sistem kontrol bagi orang tua. Program sika yang diluncurkan di SMP N 1 Dukuhturi merupakan satu satunya sekolah tingkat SMP di jawa tengah yang menggunakan sistem ini, demikian penuturan Direktur Indosat saat usai penandatanganan berita acara kontrak kerjasama dengan Sturi.


Kepala SMP Negeri 1 Dukuhturi, Bapak Drs. H Alfatah, M.Pd dalam sambutanya mengatakan "Program ini merupakan salah satu bentuk inovasi dan juga pelayanan prima SMP Negeri 1 Dukuhturi, kami berusaha maksimal dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, untuk kepentingan pendidikan. Harapan kami dengan Louncing SIKA (Sistem Informasi Kehadiran Anak) yang bekerja sama dengan Indosat ini dapat membantu para orang tua siswa dalam mengontrol anak anaknya terutama dalam hal kehadiran siswa ke sekolah. karena dengan sistem ini orang tua akan menerima SMS dari sistem ini bahwa anaknya telah hadir ke sekolah. Sistem ini juga sangat membantu sekolah terutama wali kelas dalam hal rekap presensi / kehadiran siswa, demikian penuturan kepala Sekolah disela sela kesibukannya. 
Dari hasil pantauan tim ICT, pelaksanaan hari pertama penggunaan sika agak canggung, karena anak anak belum terbiasa, namun setelah hari ke dua anak anak mulai terbiasa.
Bicara soal finger print sebetulnya bukan hal asing bagi Sturi, karena Sturi telah lama menggunakan sistem kehadiran dengan finger, tetapi saat itu baru untuk dewan guru saja. Dan alhamdulillah hasilnya maksimal.


Baca selengkapnya >>

Gudep SMP Negeri 1 Dukuhturi Raih 4 Thropi Kejuaraan di Ajang GT 2014

Juara 1 Duta Pramuka
Juara 2 LLM
Meski tantangan demi tantangan terus mengiringi gerak pasukan gudep 095-096 namun akhirnya PRAMUKA mampu membuktikan bahwa pramuka Gudep SMP Negeri 1 Dukuhturi dibawah naungan ka Mabigus Kak Drs. Alfatah, M.Pd akhirnya mampu menembus pagar Galang Tangkas dan mampu membawa empat buah Tropi. Kegiatan yang di ikuti Gudep SMP se Kabupaten dan Kota Tegal ini dilaksanakan pada hari minggu 23 Maret 2014 di SMK Negeri 1 Adiwerna atau dikenal dengan istilah SMK ADB. dari hasil lomba Pasukan Gudep SMP Negeri 1 Dukuhturi mampu menggondol 4 Thropi dengan rincian :

Sebelum berangkat taklukan Medan, Yel dulu
1. Juara 1 Duta Pramuka
2. Juara 2 Lomba Lintas Medan Putra
3. Juara 2 Lomba Lintas Medan Putri
4. Juara 3 Lomba PBB Variasi

    
Juara 2 Lomba Lintas Medan  pa dan pi

Prestasi ini mampu diraih Gudep SMP Negeri 1 Dukuhturi berkat kerja cerdas jajaran pembina dan kerja keras Unsur PASGABIRAWA serta para alumni Gudep yang tergabung dalam CIA (Corps Instruktur Alumni). Solidnya sistem yang telah terstruktur dan jiwa korsa serta loyalitas para Angota dan alumni  Gudep ini merupakan faktor penentu keberhasilan Gudep. Semoga dengan prestasi ini membuat Gudep SMP Negeri 1 Dukuhturi makin mantap.




Juara 3 Lomba PBB

























Baca selengkapnya >>

Tiga Siswa Sturi Langsung Diterima di SMK N 1 Adiwerna (ADB)

Tegal, 23 Maret 2014 SMK Negeri 1 Adiwerna atau dikenal dengan sebutan (STM ADB) menyelenggarakan Try Out Berhadiah, bagi siswa SMP Se Kabupaten dan kota Tegal. Kegiatan ini merupakan satu rangkaian kegiatan hut SMK ADB yang dilaksanakan hingga akhir pekan mendatang. Kegiatan Try out berhadiah ini bertujuan untuk menguji kemampuan para siswa tentang kesiapan menghadapi UN, disamping itu juga kegiatan ini bertujuan sebagai ajang promosi SMK ADB mengenalkan SMK ADB dikalangan para siswa SMP Se Kabupaten dan Kota Tegal. Tiga besar mendapat hadiah masing masing 
  1. Juara 1 uang Rp.100.000, 
  2. Juara 2 uang Rp. 75.000 dan 
  3. Juara 3 uang Rp.50.000
Bukan hanya itu SMK ADB juga memberikan fasilitas bagi yang masuk peringkat 20 Besar langsung diterima di SMK ADB jika setelah Lulus UN Nanti mendaftar di SMK ADB. Mapel yang di Tryout-kan terdiri dari tiga mapel UN yaitu 
  1. Matematika 
  2. IPA
  3. Bahasa Inggris
Dari hasil lomba TryOut Se Kabupaten dan Kota Tegal, Tiga Siswa SMP Negeri 1 Dukuhturi berhasil menduduki peringkat 20 Besar yaitu :
  1. HDAYATUL FAIZAH - Peringkat 4 dengan nilai 89
  2. ISTI DWI MALIKHATUN - Peringkat 16 dengan Nilai 78,5
  3. SHOFIYATUL AZMI - Peringkat 16 juga dengan nilai yang sama 78,5
Dengan demikian tiga siswa tersebut langsung diterima di SMK ADB.
Semoga prestasi ini dapat memicu nilai UN yang akan datang.
Baca selengkapnya >>